Pengertian IP Address Beserta Fungsi Dan Kelasnya

Pengertian IP Address Beserta Fungsi Dan Kelasnya

Pengertian IP Address ?

Apa itu IP Address ? IP Address merupakan kepanjangan dari Internet Protocol Address. Pengertian IP Address adalah suatu identitas numeric yang di labelkan kepada suatu alat seperti computer, laptop, router atau printer yang terdapat dalam suatu jaringan computer yang menggunakan IP (Internet Protocol) sebagai sarana komunikasi.

Fungsi IP Address ?

1. Sebagai alat identifikasi host atau antarmuka pada jaringan.
Fungsi ini dapat di ilustrasikan seperti nama orang sebagai tanda pengenal. Begitu juga dalam jaringan computer.

2. Sebagai alamat lokasi jaringan.
Fungsi ini dapat di ilustrasikan seperti alamat rumah kamu yang menunjukan lokasi kamu berada. Begitu juga dengan IP Address yang bertujuan untuk memudahkan pengiriman paket data, maka IP Address memuat informasi keberadaannya.

Contoh format IP Address ?

Sebenarnya pengalamatan ip address menggunakan bilangan biner. Namun supaya lebih gampang di tulis dan di baca oleh manusia, maka IP address di tulis dengan bilangan 4 desimal yang masing-masing bilangan di pisahkan oleh titik. Sebagai contoh IP Address sebagai berikut.

192.168.1.1

Jika di konversikan menjadi bilangan biner, maka hasilnya sebagai berikut ini :

11000000.10101000.1.1
Lebih mudah yang mana ? dari segi penulisan sudah jelas lebih mudah yang angka decimal di bandingkan dengan yang biner, begitu juga dari segi pembacaan nya.

Pembagian Kelas IP Address ?

IP Address di bagi menjadi 5 kelas, yakni kelas A, B, C, D, dan E. Setiap kelas memiliki perbedaan masing-masing.

  • KELAS A, pada kelas A 8 bit pertama adalah network id dan 24 bit selanjutnya adalah host id, kelas A memiliki network id dari 0 sampai 127.

  • KELAS B, pada kelas B 16 bit pertama adalah network id dan 16 bit selanjutnya adalah host id, kelas B memiliki network id dari 128 sampai 191.

  • KELAS C, pada kelas C 24 bit pertama adalah network id dan 8 bit selanjutnya adalah host id, kelas C memiliki network id dari 192 sampai 223.

  • KELAS D, IP kelas D digunakan untuk multicasting, yakni penggunaan aplikasi secara bersama-sama oleh lebih dari satu computer, dan IP yang bisa digunakan adalah 224.0.0.0 – 239.255.255.255

  • KELAS E, memiliki range dari 240.0.0.0 – 254.255.255.255, IP ini digunakan untuk eksperimen yang dipersiapkan untuk penggunaan IP Address di masa yang akan datang.

Sekian dulu tentang Pengertian IP Addres Beserta Fungsi Dan Kelas-Kelasnya. Semoga bermanfaat :)



0 Response to "Pengertian IP Address Beserta Fungsi Dan Kelasnya"

Post a Comment